[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak

by - 20.16

Ahoyy..
Suka gemes gak sih dari rumah udah dandan cantik-cantik eh pas dipake jalan-jalan bentar liat kaca trus makeup luber kemana-mana TT__TT yang kayak gini tuh pasti sering banget dialamin sama kalian yang mukanya berminyak, ya sama kayak aku :(

[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak

Kali ini dengan ilmu yang seadanya, aku bakal ngasi tips ke kalian yang mungkin udah depresi karena sering luntur atau gak awet kalo lagi pake makeup. Nanti juga aku bakal kasi beberapa rekomen produk yang bagus tapi masih lumayan terjangkau lah untuk kalian coba. Penasaran??? Oke cusss yuk mulai..

1. Pakai Pelembab

[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak

Pakai pelembab sebelum pengaplikasian makeup itu sangatlah penting. Soalnya selain melembabkan kulit dan menjaga kulit agar tidak tertempel langsung dengan makeup, pelembab ini juga berfungsi untuk membuat makeup lebih menempel di kulit jadi pengaplikasian makeup akan lebih mudah dan hasilnya nanti akan lebih sempurna.

Untuk kulit yang berminyak aku sarankan untuk memakai pelembab yang teksturnya gel, jadi pelembab akan cepat meresap dan lebih ringan di muka. Selama ini si aku sangat cocok dengan Wardah Aloe vera gel, pelembab ini cocok untuk semua jenis kulit dan gampang banget nyarinya, selain itu harganya terbilang murah cuma 30ribuan :D


2. Pakai Primer

[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak
Udah banyak primer yang bertebaran di luar sana, mau merk lokal ada kayak Make Over, LT Pro dll. Mau yang drugstore luar juga ada kayak Maybelline, Monistat, Wet n Wild dll, mau yang high end makin buanyaaakkk wkwkwk. Tapi karena blog ini lebih fokus membahas produk-produk lokal dan drugstore yang masih terjangkau jadi aku lebih fokus ngasi rekomen primer diatas yang harganya masih kisaran 100-150rbuan.

Fungsi primer itu membuat makeup lebih tahan lama diwajah, jadi kalo pengen makeup gak cepet luntur ya jangan lupa pake primer apalagi buat kita yang punya kulit berminyak. Cara pake primer juga cukup gampang, setelah pelembab yang kamu pake meresap dikulit lanjut deh pake primer secukupnya dan fokuskan di daerah yang lebih gampang berminyak seperti dahi dan sekitar hidung.

3. Pakai Foundation dengan Hasil Matte

[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak
Biasanya pada pada bingung kalo udah bagian fondie, seperti yang pernah aku bilang sebelumnya untuk memilih fondie yang cocok untuk warna kulit usahakan kalian coba samakan dengan warna leher (buat kamu yang tidak berhijab) atau samakan dengan kulit tangan (untuk kamu yang berhijab) cara ini dipake untuk menghindari fondie yang belang. 

Nah untuk kulit yang berminyak usahakan cari fondie dengan hasil akhir yang matte, karena fondie dengan hasil akhir yang matte oil control-nya bakalan lebih bagus daripada fondie dengan hasil akhir satin atau dewy. Jadi dengan memakai matte fondie akan membuat makeup kamu lebih tahan lama. Merk Fondie yang aku rekomendasiin diatas juga kisaran harganya hanya 150rbuan, tapi khusus Milani kalian harus beli online karna belum ada counter-nya di Indo. Kalo LT Pro dan Revlon bisa kalian beli di toko kosmetik besar ataupun Department Store.

4. Pakai Loose Powder 

[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak
Setelah kalian pake fondie keseluruh muka, jangan lupa setting pake loose powder. Step ini penting banget, pastikan selalu pakai loose powder setelah kalian pakai base makeup. Karena loose powder berfungsi untuk mengunci fondie, supaya fondie tidak bergeser dan tidak mudah luntur. Loose powder juga berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih di wajah, jadi kalo kalian pake loose powder setelah base makeup pasti makeup kalian akan lebih awet nantinya.

Untuk loose powder aku rekomen 3 merk diatas, harganya juga kisaran 100-150rb. Ketiga loose powder diatas memberikan hasil makeup yang flawless dan membuat fondie lebih awet dimuka. Ketiga loose powder ini juga banyak dipakai MUA untuk dandanin para client mereka, akupun juga pake :D tapi untuk kalian yang gak suka bau-bau yang menyengat kalian bisa hindari Coty Airspun, soalnya dia wangi yang kayak floral-floral kayak bedak Marcks gitu. Tapi untuk aku pribadi gak terlalu ganggu sih, karna makin lama juga hilang sendiri baunya. 

5. Pakai Compact Powder/Two Way Cake

[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak
Untuk tambahan pemakaian Compact Powder atau TWC ini, khusus buat kamu yang pengen tampilan yang lebih flawless dan tahan lama. Dan aku saranin penambahan compact powder atau TWC ini untuk pemakaian makeup di acara special aja si jangan buat daily karna pori-pori nanti akan susah untuk bernafas. Untuk daily setting pake loose powder aja udah cukup, tapi kalo untuk acara kondangan atau wisuda baiknya setelah pemakaian loose powder ditimpa lagi pake TWC biar hasil makeup lebih full coverage, flawless dan makin tahan lama. Karna TWC punya oil control tersendiri.

Untuk Compact powder atau TWC yang punya performa oil control, ketahanan dan finishing yang bagus aku rekomen dua produk diatas, harganya 100ribuan. Tapi untuk Rimmel, kalian mesti beli online karna setauku dia belum buka counter di Indonesia.

6. Akhiri dengan Setting Spray

[TIPS] Bikin Makeup Lebih Awet untuk Wajah yang Berminyak
Pemakaian setting spray ini juga penting setelah selesai ber-makeup. Karna setting spray ini berfungsi untuk mengunci makeup agar lebih tahan lama. Untuk pemakaiannya kamu cukup menyemprotke keseluruh wajah dengan jarak sekitar 20-30cm. Beri waktu agar dia meresap dan makeup kalian akan lebih tahan lama seharian :D

Aku rekomen 3 produk diatas dengan kisaran harga 100rbuan lebih ya. Kalo di online mungkin kalian bisa dapet harga yang lebih murah dari counter biasanya. Oya.. aku ada liat sih LT Pro juga sekarang ada setting spray-nya dengan kisaran harga yang sama kayaknya. Bisa juga itu untuk dicoba, tau sendiri kan kalo kualitas LT Pro itu gak perlu diragukan lagi :P

Oke itu dia tips-tips aku untuk kalian yang pengen bikin makeup lebih awet seharian, khususnya untuk kamu kamu yang kulitnya berminyak. Buat kamu yang bertanya-tanya *kok banyak banget ya produknya??* Untuk bikin makeup yang lebih awet emang dibutuhkan usaha dan produk yang lebih biar hasilnya lebih maksimal :) Percaya deh hasilnya akan berbeda kalo dibanding kamu cuma pake BB Cream sama bedak, cobain sendiri.

Satu tips lagi, dengan pemakaian makeup dengan step-step diatas harus diimbangi dengan membersihkan makeup dengan maksimal juga. Jadi ya cara membersihkannya gak cuma cuci muka trus kelar. Bersihkan semuanya pake makeup remover sampai bersih lalu cuci muka dan lanjut pakai toner biar lebih bersih.

Thanks buat kalian yang udah baca postingan ini sampe habis, jangan lupa tinggalin komen dibawah ya. Semoga tips ni bermanfaat buat kalian semua khususnya untuk para beginner makeup diluar sana :D Mau request tips-tips yang lain juga boleh, selama aku bisa sharing pasti bakal aku bagi ke kalian semua ;). Have a nice day peps! :***

Follow me on instagram @iykaliyka // Contact me iykaliyka@ymail.com

You May Also Like

10 komentar

  1. Beberapa produk seperti Revlon Colorstar Foundie, Rimmel Stay Matte, Make Over hydration serumnya Uun juga pake lho mba Iyka, dan beneran bisa tahan. hihihi ^^


    www.christinauntari.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran juarak ya buat oily skin :D thanks udah mampir Uun :***

      Hapus
  2. Waaah tipsnya berguna, aku selama ini jarang pakai primer hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayookk mulai pake primer, biar makeupnya long lasting :D

      Hapus
  3. Wah iya ya, kenapa selama ini nggak pernah kepikiran buat pakai primer + setting spray ya? :( Males kayanya hi-hi tapi bener nanti make up-nya pasti stay lebih lama ya :) Kalau primer Maybelline kira-kira harganya berapa ya? Terjangkaukah?

    RISTRA || rischau.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Kalo pake primer pasti makeup lebih tahan lama, cobain deh. Kayaknya primer maybelline sekitar 100an si

      Hapus
  4. mbak kalau foundation,loose powder, compat pawder itu warnanya beda2 itu nggak pa2 kah mbak misalnya foundation warnanya lebih gelap terus loose powder, compat pawder agak lebih terang. mohon di balas thank'u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp sayang, justru kita gunain bedak yang lebih terang untuk mengatasi warna fondie yang lebih gelap :) semoga membantu

      Hapus
  5. emang ya, kalau ngikutin urutan bermakeup kayak gitu makeup nya jadi tahan lama :) aku juga pake wardah aloe vera gel
    kadang kalau lagi makeup lupa pake pelembab rasanya muka tu, kering banget
    aku malah suka foundie yang hasil dewy gitu jadi nya muka ku agak lembab dan oily dikit karna kulit ku ini normal tapi cenderung kering gimana gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Kalo mau makeupnya taha sharian emang alat tempurnya banyakin dikit wkwkwk. Aku malah paling gak bisa kalo fondie langsung kena muka, jadi udah kebiasan pasti pake pelembab dulu :D

      Hapus

Hi..
Thankyou buat kalian yang sudah mampir ke blog ini, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Pasti bakal aku balas as soon as possible ;)