[TIPS] Memilih Produk Makeup untuk Pemula

70 komentar
Ahoyy..
Waahhh udah masuk April aja ya ini, dan mulai bulan ini dan insya Allah seterusnya tiap awal bulan aku pengen berbagi tips makeup buat para beginner beauty semuanya^^. Kok cuma beginner aja sih bukk? Iyalah beginner aja, hlawong diriku ini belum pro-pro amat, tar kalo mau ngajarin yang udah bisa takut dibilang sok tau sok keminter XD

Banyak banget dari temen-temen yang pengen belajar makeup tu pada tanya, kalo pengen makeup-an tu harus beli apa aja si, harus yang kayak apa yang cocok di aku, merk apa yang bagus, merk apa yang terjangkau blablabla. 

Jangan galau pemirsah, di post ini aku bakal membahas produk-produk makeup yang bisa kamu beli kalo kamu mau belajar awal make makeup. Bisa buat daily ataupun buat special occasion kamu, produknya pun aku usahakan yang mudah dijangkau dengan artian gak mahal dan gak perlu beli onlen. Penasaran?? Gak?? Yowes gak jadi, hlah kok ngambek...


1. Base Makeup
Base atau dasar makeup ini penting! Apalagi buat kamu yang punya kulit berminyak atau malah yang punya banyak bekas jerawat yang mau ditutupin. Yang namanya orang makeup-an itu pasti pengennya terlihat "lebih" cantik dari biasanya, kalo pengen keliatan sama aja ya gak usah beli makeup buuukkk...




BB Cream
Tau kan BB cream? Singkatnya, BB cream itu alas bedak yang mengandung moisturizer untuk merawat kulit. Daya tutup BB cream kebanyakan sheer aja, karena dia mengandung pelembab, texture-nya biasanya lebih encer dari liquid foundation. Efek pertama yang kamu rasain setelah pake BB cream itu, wajah langsung lebih cerah dan warna kulit jadi rata. 

Kamu perlu beli BB Cream, jika:
- Kamu bakal make base makeup buat daily. 
(karena formulanya yang ringan, bb cream ini cocok banget digunakan buat daily)
- Muka kamu memiliki sedikit aib. 
(karena coverage-nya yang sheer, bb cream tidak mampu menutupi bekas jerawat/kantung mata yang hitam dengan sempurna)
- Kamu cuma butuh makeup yang ringan dan natural
(finishing BB Cream sangat ringan di muka, dan mampu meratakan warna kulit)

Trus merk apa donk yang bagus dan terjangkau?
Sekarang banyak Brand lokal yang punya BB cream dengan harga yang terjangkau, karena setiap kulit orang beda-beda jadi aku gak bisa menyarankan merk yang bagus buat kamu. Tetapi aku bisa ngasi beberapa merk dengan kualitas yang bagus, yang bisa kamu pertimbangkan, seperti Pixy, Wardah, Garnier, Marina dengan harga under 40rb.


Liquid Fondation
Liquid Fondie adalah alas bedak berbentuk cair dengan daya tutup medium dan lebih tahan lama. Kebanyakan para beginner takut pake foundation karena takut makeup terasa berat atau takut jerawatan. Sekarang itu banyak banget foundation yang ringan dan aman buat daily. Kalo masalah jerawat, itu berarti kamu aja yang kurang bersih saat membersihkan makeup jadi pori-pori masih tersumbat dan bisa mengundang jerawat. 

Buat kamu yang pengen pake foundation buat harian, ada caranya yang aman. Ambil sedikit aja foundation, sebesar biji kedelai aja lalu ratakan ke seluruh muka. Buat nutupin bekas jerawat, kamu tepuk-tepuk aja pelan foundation-nya diatas bekas jerawat niscaya bekas jerawat akan tertutupi. Karena fondation itu tidak mengandung pelembab, penting banget pake pelembab dulu sebelum pakai foundation biar kulit kamu lebih terlindungi. Dan kalo kamu pake foundation buat harian, kamu juga harus rajin bersihin muka dengan optimal karena kalo gak, pori-pori yang masih tersumbat akan mengundang jerawat. Caranya, bersihkan muka dengan milk cleanser dulu, cuci muka dan terakhir pakai toner.

Kamu butuh liquid foundation, jika:
- Kamu pengen makeup yang flawless dan tahan lama.
- Kamu pengen menutupi bekas jerawat.
- Kamu memiliki kulit normal.
(buat kulit yang berminyak gak aku sarankan buat pake foundation buat harian, karena kulit yang berminyak gampang banget tertempel dengan debu dan kotoran, jadi pori-pori yang tersumbat dengan kotoran yang lama bisa memicu adanya jerawat)

Brand lokal yang memiliki liquid fondie yang ringan itu ada Make Over dengan harga 119rb, Caring Colors harganya mungkin sekitar 60ribuan sekarang. Kalo Revlon itu merk drugstore, coverage-nya dan oil control-nya juga bagus banget harganya kayaknya under 150rb.

2. Bedak
Bedak juga memiliki peranan yang penting dalam ber-makeup. Karena bedak dapat mengunci base makeup dengan baik. Dengan memakai bedak dijamin base makeup kamu akan lebih tahan lama. Bedak juga ada macem-macem jenisnya ada yang tabur, compact ataupun two way cake. 

Bedak tabur/loose powder.
Bedak ini berbentuk butiran-butiran kecil sehingga sangat aman dan ringan kalo mau dipake harian. Selain itu loose powder memiliki oil control yang bagus, untuk aku pribadi yang memiliki wajah oily aku suka banget pake loose powder buat harian. Tapi kebanyakan daya tutup loose powder sangat sheer.

Kamu butuh loose powder, jika:
- Kamu suka makeup yang ringan dan natural.
- Kamu butuh oil control yang baik.
- Kamu jarang touch-up makeup.
(bisa kebayang kan gimana ribetnya kalo bawa loose powder kemana-mana. Karena kemasan loose powder kebanyakan gak travel friendly)

Merk loose powder dengan kualitas yang bagus dan terjangkau ada Wardah, Marcks Venus dan Revlon dengan harga dibawah 40rb. 

Compact Powder.
Compact powder ini adalah versi padat dari loose powder. Jadi finishingnya juga ringan, daya tutupnya juga sheer tapi dia lebih travel friendly karena kebanyakan kemasan compact powder itu mudah dibawa kemana-mana.

Kamu butuh compact powder, jika:
- Kamu suka makeup yang ringan dan natural.
- Kamu suka touch-up makeup dimana saja.

Merk compact powder yang menurutku memiliki kualitas yang baik, ada Pixy dengan kemasannya yang unyu, Marina dan Maybelline itu di poto dia yang kemasan refill-nya ya aslinya dia kemasannya memanjang gitu. Harganya berkisar 25-40rbuan.

Two Way Cake.
Two way cake ini adalah bedak padat yang mengandung foundation. Coverage TWC ini jauh lebih bagus daripada loose powder ataupun compact powder, TWC juga memiliki oil control yang baik tetapi TWC biasanya kurang cocok dipakai harian untuk kulit yang berminyak.

Kamu butuh TWC, jika:
- Kamu butuh daya tutup yang bagus.
- Kamu gak suka pakai foundation.
- Kamu butuh oil control yang baik.
- Kamu memiliki kulit normal.
(kulit keringpun masih aman pake TWC, asalkan sebelumnya kamu memakai pelembab yang cukup)

Merk TWC yang terjangkau ada Pixy dengan harga gak nyampe 40rb, Wardah dengan harga 40rbuan dan buat kamu yang pengen kualitas yang bagus sekalian gak ada salahnya nyoba Make Over dengan harga 139rb.

3. Pensil Alis
Tau kan sekarang tu jamannya NGALIS. Kebanyak cewek sekarang pantang keluar sebelum ngalis wkwkwk, apalagi buat yang alisnya gundul XD. Produk alis tu macem-macem juga, ada yang pensil, powder ataupun gel. Tapi buat pemula, aku saranin pake pensil alis aja karena pemakaiannya lebih gampang.

Kamu butuh pensil alis, jika:
- Kamu gak pede dengan bentuk alis kamu.
- Kamu pengen tampilan yang berbeda.
- Kamu pengen jadi cewek kekinian XD.


Pensil alis merk lokal yang memiliki kualitas yang juara ada Viva, Fanbo dan kalo mau ada yang sekalian ada sikat alisnya bisa pilih Wardah. Semuanya itu harganya kayaknya sekitar 20rbuan ajah.

4. Eyeshadow
Eyeshadow adalah makeup yang kamu butuhkan kalo kamu pengen mata kamu terlihat lebih menonjol dan berbeda. Jenis eyeshadow juga banyak, ada yang powder, cream dan pensil. Tapi buat pemula, aku saranin pake yang powder aja karena lebih gampang dicari dan lebih mudah untuk digunakan. Dan selalu, pilihlah eyeshadow dengan warna yang neutral dulu. Karena kamu baru belajar, hindari warna-warna eyeshadow yang tajam, kayak hitam, biru, ijo dll. Soalnya kalo kamu belum jago blending, niscaya kamu bakal kayak orang ditonjok kalo kamu sampe nekat mau pake warna-warna yang tadi *pengalaman pribadi*.

Kamu butuh eyeshadow, jika:
- Kamu pengen tampilan mata yang berbeda.
- Kamu pengen mata terlihat stand out.

Merk eyeshadow dengan kualitas baik ada Sariayu, Emina, Wardah, Inez dengan kisaran harga 40-50rbuan, kalo Make Over kayaknya harganya 80rbuan. Merk eyeshadow yang aku sebutin tadi memiliki kualitas yang baik, pigmentasi yang bagus tanpa eye primer dan tahan lama.

5. Eyeliner
Banyak banget yang suka pake eyeliner, bahkan dulu sebelum ada slogan "pantang ngalis sebelum keluar" ada juga slogan "pantang keluar sebelum eyeliner on". Kenapa si mpe segitunya? Karena eyeliner itu efeknya magic banget di mata, mata sayu bisa langsung jadi tajem kalo pake eyeliner, mata bangun tidur langsung bisa jadi on kalo udah pake eyeliner. Dengan pake eyeliner aja udah bisa merubah penampilan kita. 

Dan sekarangpun eyeliner juga macem-macem bentuknya, ada yang pensil, gel, cair dan spidol/pen. Trus kalo yang mau belajar pake eyeliner enaknya pake apa donk kaka?


Eyeliner Pensil.
Buat latihan pake aja eyeliner pensil, karena tangan kita kan udah terbiasa tu megang pensil dari kecil nah kalo latihan pake eyeliener pensil dijamin tangan jadi gak canggung. Selain bisa buat bikin garis mata atas, eyeliner pensil juga bagus buat bikin garis mata bawah. Tapi aku sarankan buat yang punya kelopak mata yang minyakan, setelah pake eyeliner pensil ini harus kamu timpal pake eyeshadow lagi ya dengan warna yang senada dengan eyeliner. Fungsinya biar eyeliner lebih tahan lama dan gak smudging di mata kamu. Agak ribet si ya, tapi gak papa donk daripada nanti jadi panda dadakan pas jalan di mall kan gak lucu -__-" *pengalaman pribadi.

Kamu butuh eyeliner pensil, jika:
- Kamu pengen tampilan mata yang tajam dan dramatis.
- Kamu gak memiliki kelopak mata yang minyakan.

Merk eyeliner pensil dengan kualitas yang bagus, tapi menurutku harga agak lumayan si. Tapi eyeliner dengan merk yang aku sebut ini memiliki tekstur yang creamy dan tahan lama, jadi harga dan kualitas sebandinglah. Untuk Sariayu harga kisaran 45rbuan dengan beberapa warna pilihan, LT Pro berkisar 60-70rbuan, Make Over 80rbuan dengan beberapa warna pilihan. Agak mahal ya, tapi aku jamin kamu gak bakalan nyesel karena kualitasnya emang bagus. Lagipula eyeliner pensil juga lama abisnya^^

Eyeliner Spidol/Pen
Kalian juga bisa pake eyeliner spidol/pen, apalagi buat kalian yang punya kelopak mata yang minyakan. Karena eyeliner spidol lebih tahan lama dan gak gampang smudging di mata. Hasil dari eyeliner spidol/pen ini ada yang glossy ada juga yang matte tergantung selera kalian mau pilih yang mana. Dan eyeliner spidol ini juga bagus kalo kalian pengen bikin winged liner. Tapi usahakan jangan menyimpan eyeliner ini dengan posisi berdiri, karena itu akan menyebabkan kuasnya akan cepet mengering, jadi simpen aja dalam posisi tidur. 

Kamu butuh eyeliner spidol, jika:
- Kelopak mata kamu minyakan.
- Kamu lebih suka pake winged liner.
- Kamu butuh eyeliner yang tahan lama.

Dan merk eyeliner spidol dengan kualitas yang baik menurutku yang bisa kalian coba ada, Silkygirl dengan harga 40rbuan, Wardah 65rbuan, Maybelline 85rbuan. Ketiga merk eyeliner spidol tersebut memiliki warna hitam yang pekat dengan ujung kuas yang kecil sehingga sangat mudah untuk membentuk winged liner.



6. Mascara
Siapa yang punya bulu mata turun? Atau bulu mata yang gak begitu lebat? Kalo ada, berarti kalian butuh mascara! Karena apa? Karena mascara itu bisa dengan instan membuat bulu mata lentik dan terkesan lebat. Jadi buat kamu yang ngerasa terlalu too much buat pake eyeliner, tapi masih pengen mata kamu terlihat cantik kamu bisa pake mascara aja loh.

Kamu butuh mascara, jika:
- Kamu memiliki bulumata yang turun dan tidak lebat.
- Kamu pengen membuat mata terlihat cantik.

Sebenernya aku jarang nyoba-nyoba pake mascara, daridulu aku setia banget sama mascaranya Maybelline dan hampir nyobain semua variannya. Tapi yang paling aku suka yang Magnum harganya kisaran 60rbuan, ada juga punya Wardah 60rb dan kalo mau yang lebih terjangkau ada merk Pixy harganya 35rbuan.

7. Blush On
Suka ngerasa gitu muka keliatan pucet? atau keliatan gak seger? Padahal udah bedakan. Kebanyakan cewek makeup-an selain pengen keliatan lebih cantik, banyak juga yang pengen keliatan lebih segar. Biar keliatan bedanya gitu antara muka baru bangun tidur sama muka mau ketemu gebetan :D. Nah kuncinya supaya muka keliatan fresh, pake aja perona pipi atau blush on. Sekarang macem blush on juga banyak, ada yang powder ada yang cream. Tapi buat pemula pake aja yang powder karena lebih mudah ditemui dan lebih gampang dipake juga. Kalo pengen keliatan fresh bisa pake warna peach, kalo pengen keliatan baby face pake aja warna pink.

Kamu butuh blush on, jika:
- Kamu pengen terlihat segar.
- Kamu suka melihat pipimu merona.

Buanyak banget brand lokal yang punya blush on, kamu tinggal pilih aja sesuai selera dan budget. Disini aku kasi beberapa contoh brand dengan blush on berkualitas baik, seperti Wardah dengan kisaran harga 30rbuan, Maybelline 30rbuan dan kalo pengen kualitas yang jauh lebih baik dan tahan lama kamu bisa coba Make Over dengan harga kisaran 80rbuan.


8. Lipstik
Terakhir, lipstik. Kalian punya bibir dengan pinggiran hitam, jadi kalo cuma pake lipbalm atau lipgloos pinggiran yang hitam gak tertutupi dengan baik. Maka dari itu kalian butuh lipstik. Dulu orang berpikir sangat berlebihan kalo pake lipstik untuk harian tapi sekarang banyak lipstik dengan warna nude yang sangat natural jika dipake tiap hari. Dan kalo kamu pengen warna lipstik terlihat lebih pigmented jangan lupa pakai bedak/sedikit foundation di pinggiran bibir yang hitam sebelum pakai lipstik. Dan kalo kamu pengen bibir selalu sehat walopun setiap hari pake lipstik kamu bisa selalu pake lipbalm untuk melembabkan bibirmu. 

Kamu butuh lipstik, jika:
- Kamu ingin menutupi pinggiran bibirmu yang hitam.
- Kamu ingin melihat bibir yang cantik dan segar.

Sekarang banyak banget merk lisptik dengan harga terjangkau berkualitas baik. Kalo kamu suka lipstik dengan hasil satin finish kamu bisa nyobain Revlon Super Lustrous atau Maybelline Color Show. Tapi kalo kamu penggemar lipstik matte kamu bakal jatuh cinta sama matte lipstiknya Purbasari. Semua lipstik yang aku sebutin itu dibanderol dengan harga 30rbuan, murah kan^^

Yap itu dia produk-produk makeup yang bisa kalian pilih kalo kalian mau belajar memakai makeup. Buat belajar emang gak wajib kok harus dengan produk yang harganya mahal, kamu bisa cobain dulu brand lokal atau drugstore dengan harga yang lebih terjangkau. 

Semoga tips yang aku buat ini bermanfaat, maaf ya kalo masih ada kekurangan sana-sini. Kalo kalian punya merk andalan yang terjangkau dan cocok buat pemula kalian bisa sharing disini :D. Dan untuk tips bulan depan aku akan gantian ngasi beberapa makeup tools yang perlu dibeli untuk pemula. 

Hope you enjoy this post, thanks for stopping by and have a nice day peps!

Stay young and cheers

70 komentar

  1. nice share, sekalian dongss makeup ala kamu juga mo liat hehe :D :D

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Via udah mampir :***

      Oke deh tar kapan-kapan aku mau bikin my signature makeup :D

      Hapus
    2. penasaran hasil makeup lokal :D
      http://www.bitebrands.co/2016/06/produk-merek-kosmetik-makeup-indonesia-lokal-favorit.html

      Hapus
  2. Terimakasih info ini sangat membantu saya :D

    BalasHapus
  3. makasih kak, membantu saya banget yg masih pemula:)

    BalasHapus
  4. kalau muka ku pake make up sebanyak itu yang ada malah warna muka ku jadi biru gitu . kan aneh ya,apa warna kulitku terlalu hitam . padahalkan kulitku kuning . tolong balas dong kasih saran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan pakai base makeup yg sama dg tone kulit kamu sayang jgan yg terlalu terang, kalo kamu berhijab cari yg masuk sama warna tangan kamu. Kalo gak berhijab cari yg sama dg warna leher. Biar gak belang nanti :) pengaplikasian produk juga diperhatikan jg banyak" makenya.. Semoga membantu ;)

      Hapus
  5. Very helping for newbie like me.thank u 😊

    BalasHapus
  6. Nice info cantikk,Yuk mampir lihat video makeup daily aku dibawah 50rb disini yhaa https://www.youtube.com/watch?v=Thrxs3ed09Y . atau search : nandaen

    BalasHapus
  7. Makasih kaka infonya, enak dibacanya ihh ga bertele-tele hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou Muthia sudah mampir, semoga bermanfaat ya:***

      Hapus
  8. terima kasih kak infonyaaa.
    oiya kak, kalo mau beli foundation yang cocok sama warna kulit kita gitu, tau nya gimana yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Jovanna
      Thankyou sudah mampir 😘

      Untuk pemilihan fondie biar gak belang, gampang kok. Kalo kamu berhijab kamu bisa coba samakan dg warna tangan kamu. Kalo kamu gak berhijab bisa disamakan dg warna leher kmu. Smoga membantu yaa ...

      Hapus
  9. terima kasih kak infonyaaa.
    oiya kak, kalo mau beli foundation yang cocok sama warna kulit kita gitu, tau nya gimana yaa?

    BalasHapus
  10. Buat aku yang 30 taun bisa ga pake make up pemula itu secara kodisi kulit jg udah ga kaya anak 20tahuan..Ada ya sayang yang lebih simpel buat ke kantor sementara si kecil jg agak rempong hehehe..
    Thank...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mb Johany
      Untuk yang berumur 30th keatas biasanya kondisi kulit mulai sering terasa kering. Jadi usahakan selalu pakai pelembab dahulu sebelum bermakeup. untuk step by step makeupnya bisa pelembab-BBC-loose powder-alis-mascara-blush on-lipstik jadi cantik deh :D semoga membantu ..

      Hapus
  11. Kak mau nanya dong, kalau pake bb cream dari maybelline untuk pemula bagus gak?
    Sama satu lagi, aku liat di web kalau sebelum makeup pake hydration serum yang salah satunya dari brand make over baru pake base makeupnya yang juga dari make over pertanyaannya bisa buat pemula juga gak? atau bisa dicampur bb cream dengan hydration serumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Amirah
      Untuk kulit berminyak oil controlnya BBC Maybelline menurutku kurang nampol. Tapi kalo kulitmu kering/normal boleh kok dicoba. Hydrating serum MO itu fungsinya untuk melembabkan dan membuat makeup lebih awet dan rasanya juga ringan. Jadi menurutku masih aman dipake buat daily.. smoga membantu :)

      Hapus
  12. waduh bermanfaat sekali ka, gomawo:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama dear, thankyou sudah mampir 😘😘😘

      Hapus
  13. Thank you banget yaa kak infonyaa 😍😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi isnk..
      Thankyou juga udah mampir 😚😚 semoga bermanfaat

      Hapus
  14. Makasih yaa, infonya berguna banget buat aku yang sama sekali gak pernah beli alat make up 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Diah..
      Thankyou juga udah mampir, hayok mulai cicil beli alat makeupnya biar makin jago nanti makeupannya 😄

      Hapus
  15. Kak kalau kantung mata yg gelap lebih cocok pake BBC atau foundation,dan muka aku juga berminyak.dilemanya make up cepet banget luntur,saran dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pake concealer dear, tapi kalo gelap banget pake corrector warna orange dulu baru ditimpa concealer. Fungsi correctornya buat netralin warna kantung mata yg gelap. Jadi pas ditimpa concealer kantung matanya bisa lebih ketutup.. Smoga membantu yaa 😊😊

      Hapus
  16. infonya membantu sekali, saya sekarang 26 tahun dan baru mau belajar makeup. telat ya? :-D
    pas coba2 ada yang aneh, medok bgt malah kaya (maaf) waria. kan aneh ya :-(
    fyi saya pakai cc cream hada labo, bedak marcks, pensil alis sariayu, eyeshadow warna keemasan, blushon dan lipstick latulipe.
    kira2 salahnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Simama..
      Kemungkinan shade cc creamnya warnanya gak pas dg kulit muka.Biasanya terlihat medok karna keterangan. Jadi cari base makeup yg sesuai warna leher bagi yg tidak bhijab, utk yg bhijab cari yg sesuai warna tangan. Biar gak belang

      Hapus
  17. Terima kasih kk utk informasi y.
    Mw tanya kl pakai bb cream apakah harus pakai liquid foundation jg kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kiki..
      Kalo udah pake BB cream udah gak usah pake foundation lagi. Kalo pengen tampilan yg natural dan ringan bisa pake BBC. Kalo mau lebih coverage dan tahan lama pilih foundation 😉

      Hapus
  18. Halo ka, aku baru ada semangat buat make up nih di umur 22 hehe, mau tanya kalo untuk kulit berminyak pake foundation apa ya ka biar bantu biar mukanya ga kaya penggorengan lagi hihi? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Nur..
      Bisa coba Revlon Colorstay untuk kulit normal/oily, Maybelline Fit me yg Matte atau Ultima 😊

      Hapus
  19. Halo ka, aku baru ada semangat buat make up nih di umur 22 hehe, mau tanya kalo untuk kulit berminyak pake foundation apa ya ka biar bantu biar mukanya ga kaya penggorengan lagi hihi? Thx

    BalasHapus
  20. Ka Iyka makasih udah dikasihtau petunjuk penggunaan make up. Salam kenal dari aku Lenggo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lenggo..
      Salam kenal juga, mkasi ya udah mampir 😘

      Hapus
  21. Poin paling penting yang harus diingat gunakan selalu make up yang sudah terdaftar BPOM seperti oxyglow dr andini yang sudah terbukti aman dan terjangkau ya

    BalasHapus
  22. Makasih sarannya ka tapi mau tanya ka untuk kulit yang berminyak bb cream atau foundation apa ya gang cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Alma..
      Kulitku oily acne prone, untuk bbc aku suka pake Pixy. Kalo fondie favoritku Revlon Colorstay dan Loreal Infallible Pro Matte dua-duanya oil controlnya bagus :D

      Hapus
  23. Makasih ya kk sarannya, jadi aku ga asal2an lagi kalo pgn belajar make up 💋😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mila..
      Mkasi sudah mampir, semangat belajar makeupnya yaa

      Hapus
  24. Mksh infonya brmanfaat skali, mau tnya nih bedak tabur yg bagus dan tahan lama dri merk apa ya, slm kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Viena..
      Untuk brand lokal merk yg aku sebutin diatas itu udah oke. Tapi kalo buat brand drugstore aku suka banget pake Coty Airspun ;)

      Hapus
  25. Reviewnya bener2 ngebantu banget. Like it. Kak, mau tanya sekalian nih, untuk eyeshadow dr Brand Wardah yg warna netral kira2 yg seri apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rezki..
      Kalo mau yang matte, bisa ambil Wardah seri G. Dia nuansa coklat gitu multifungsi banget, udah aku review juga disini

      http://my-makeupdiary.blogspot.co.id/2017/07/review-wardah-eyeshadow-trio-seri-g.html

      Kalo mau yang shimmer bisa ambil yang seri classic. Semoga membantu ya ;)

      Hapus
  26. Good review
    Kak,minta tolong bantuin pilih make up buat acara kondangan ya.Aku sama sekali buta soal make up soalnya aku takut nanti malah muka ku yang berminyak ini malah rusak.Kasih saran apa aja yang dibutuhin sama produknya sekalian ya kak btw warna kulitnya coklat kalo info ini membantu.Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Shin..
      Cek channel youtube-ku ya: iykaliyka
      disana aku post banyak tutorial makeup buat party dll memakai produk yg affordable. smoga membantu ;)

      Hapus
    2. Klo mau ngeliat dmn kak

      Hapus
  27. aahh thx so much kakak sukaa deh ulasan nya lengkap rinci dan jelas plus di sertai brand2 yg recommended bgt , senang skalii nmu blog kakak ini, kebetulan aku ini make up pemula hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Gita..
      Thankyou sudah mampir, seneng kalo postingan ini bermanfaat :D

      Hapus
  28. Thanks bngt kak udh share Yg bermanfaat gini, Btw kalo liquid foundation maybelline yang fit me oke ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rita..
      Oke kok foundation Fit me buat daily, dia ringan dan oke buat kulit berminyak dan berpori-pori besar :)

      Hapus
  29. thank info nya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2wFUPf3

    BalasHapus
  30. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2ygdG1J

    BalasHapus
  31. kunjungi website kami ';Klik link untuk mendapatkan harga kosmetik yang murah dan original

    BalasHapus
  32. Hai ka, makasih infonya. Mau tanya klo produk bioaqua aman ga ya? Penasaran krn kayaknya bagus, tapi curiga jg krn murahnya. Aq newbie bgt urusan make up😅

    BalasHapus
  33. thankyou kak, infonya sangat bermanfaat buat saya yang pemula :) silahkan klik Kartu kredit citibank bagi yang membutuhkan informasi seputar pinjaman

    BalasHapus
  34. membantu banget. infonya juga rinci bangett. thanks kakk

    BalasHapus
  35. gunakan bulu mata palsu yang diproduksi oleh Eyelashes Manufacturer Indonesia PT. Sung Shim International

    BalasHapus

Hi..
Thankyou buat kalian yang sudah mampir ke blog ini, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Pasti bakal aku balas as soon as possible ;)