[RANDOM TALK] Tentang My-MakeupDiary dan Pengalaman jadi MUA di Perantauan

by - 08.21

Ahoyy..
Haduuuhhh maap ya lama banget absen di blog >.< abisnya sinyal disini bikin emosi, sumpah!! Jadi gak sabaran, posting poto aja nungguin lama banget, buka tab baru juga lama hiks, parah deh emang *ketauan dah gue tinggal di pelosok wkwkwk* Cuman akhirnya aja, mulai pasang wifi diruma, akhirnya ya Allah akhirnyaaaaa, secara dari lama susah banget pengen pasang cuman dari sana alesan ngantri *serasa mau naik haji aja pake antrian :|*


Udah deh ya curhatnya wifinya, sekarang gantian mau curhat tentang kegiatan "sampingan" yang aku lakuin. Pertama-tama curhat tentang blog ini dulu kali yaa, udah lama aku suka sama makeup. Kalo gak salah pas kulia semester 5 atau 6 gitu lah awalnya gara-gara suka nonton channel-nya Michelle Phan, yang demen nonton makeup tutorial  di youtube pasti tau lah yaa. Jaman dulu, masih jarang orang Indo bikin channel, kalo sekarang mah udah menjamur ya yang namanya blogger ataupun vlogger XDD perkembangan jaman sist
Kalo belajar makeup aku emang lebih suka lewat youtube, tapi kalo pengen ngepoin produk-produk gitu aku lebih nyaman baca review di blog. Jaman dulu si demennya ya nongkrong di blog racunwarnawarni punya mb Arum, sampe sekarangpun juga masih suka baca blognya soalnya dia tu asik aja nulisnya, orangnya kocak juga dan apa adanya, selain itu ya banyak juga blog-blog lain dari blogwalking itu aku jadi mikir, kenapa gak bikin blog sendiri aja yaa. Awalnya bikin blog tu ya cuman pengen sharing tentang produk-produk makeup atau skincare yang aku coba, makanya aku kasi nama My-makeupdiary soalnya pikirnya blog ini bakalan jadi diary online aku tentang makeup, jadi ya isinya selain review ada tutorial juga, ada DIY dan tips tentang beauty

Blog ini berdiri tahun 2014, dan posting pertama itu nge-review lipcream NYX pada tanggal 9 September 2014 modal laptop jaman kulia, poto juga pake hp, sinyal juga pake wifi dari hp :D cuman selama ada niat, kalian pasti bisa. Jadi buat kalian yang mau jadi beauty blogger atau vlogger jangan minder, kalo modalnya cuman hp dan kemampuan makeup yang pas-pasan selama niatnya kalian mau berbagi jangan minder pokoknya :D apalagi hp jaman sekarang tu udah canggih banget!


Cuman walopun blog ini udah lama tapi, akunya tu mood-mood-an juga nulisnya wkwkwkkw, jadinya masih gini-gini aja deh blognya, masih banyak hal yang mesti dipelajarin. Entah itu cara bikin poto blog makin menarik, gaya tulisan yang lebih asik dan hal-hal yang bikin blog ini bisa lebih baik. Tapi untungnya walopun akunya angin-anginan posting blog, tapi aku tetep pengen blog ini tetep ada gitu, soalnya baru kali ini aku punya blog yang viewers-nya sebanyak ini wakakakakak secara mungkin dulu yang dibikin blog alay kali ya jadinya sepi XDD. Trus gak nyangka juga gitu, ada aja yang komen disini, jadi itu bikin motivasi juga. Eh gila, blog gue ternyata ada yang baca, sampe mau ninggalin komen segala! Rasanya tu berbunga-bunga banget, selain itu juga jadi banyak kenalan beauty blogger yang lain, dan sekarang juga mulai join grup beauty juga.

Awalnya tu aku cuma demen bikin look makeup untuk sharing via blog dan instagram, beli-beli makeup ini itu sampe sekarang kalo orang liat buset tu makeup mau lu kiloin?? Wakakakkak ya aslinya gak sebanyak beauty guru di luar sana, tapi ya jumlahnya gak wajar aja buat orang awam XDD trus ada yang nyeletuk, eh kenapa gak dandanin orang aja, sayang loh makeup banyak kayak gitu cuma buat dandan sendiri kalo dandanin orang jelas dapet duit dan bisa buat beli makeup lagi dan AHAAAAA!! Aku langsung mikir bener juga ya, sebenernya udah lama banget aku pengen jadi MUA cuman situasi kayak belom berpihak, pas pengen dandanin orang eh deketan mau nyiapin wedding, pas pindah ke Samarinda udah malah gak ada bayangan jadi MUA lagi karna waktu itu aku kerja di kantor, tapi setelah punya anak dan gak dibolehin suami buat kerja kantoran lagi aku jadi mikir kayaknya mesti punya kerjaan lain deh. Apalagi Yova udah mulai gede, rasanya tu kayaknya bosen banget cuman di ruma aja. 

MUA SAMARINDA

Dan akhirnya aku putusin untuk mencoba jadi MUA di pertengahan tahun 2016 kemarin setelah dapet ijin dari suami, modal nekat aja si promo di instagram secara disini aku gak terlalu punya banyak kenalan. Ruma juga masi rumah punya perusahaan yang itungannya gak deket kota juga, jadi aku mutusin buat jadi MUA yang bisa dateng keruma client. Aku inget banget job pertama itu dandanin anak-anak SMA buat acara promnite, awal tau ada yang nge-line buat booking tu rasanya jingkrak-jingkrak banget rasanya gak nyangka secepet itu bakal langsung dapet client. Disitulah aku makin yakin, kayaknya emang jadi MUA aja nih. 

Dan sampe sekarang alhamdulillah setiap bulan ada aja yang booking, yah walopun gak selaris MUA yang lain yang tiap minggu atau bahkan tiap hari dapet job cuman aku harus selalu bersyukur, namanya juga semua butuh proses yang penting ya ditekunin aja dan terus belajar supaya hasil makeup bisa lebih bagus lagi. Cuman yang jadi kendala aku tu, aku kan udah punya anak, umur 2th yang aku urus sendiri. Seperti yang kalian tau, kalo aku di Samarinda ini adalah ikut suami yang merantau cari nafkah disini, jauh dari Ibuku yang stay di Pontianak dan mertuaku yang stay di Solo. 

Jadi yaa disini beneran cuman bertiga aja gitu, gak ada sodara, agak ngenes yaa wkwkkwk. Jadi ya mau gak mau tiap ngejob anak selalu dibawa, mau jam 3 pagi juga anak dibawa, untung suami support banget jadi ya dia selalu anterin kalo makeup subuh, tar aku makeupin dia jaga yova di mobil. Atau kalo makeup siang gitu aku ajak tetanggaku yang bisa jagain Yova. Kalo pas dapet job yang sekiranya suami atau tetangga gak bisa jaga Yova, ya mau gak mau aku gak terima. Soalnya aku sadar aku seorang Ibu, prioritas ya tetep lah milih anak dan suami. 

Selain itu aku juga gak begitu hapal jalan-jalan atau nama daerah di Samarinda, jadi ya belom bisa berangkat sendiri kalo sekiranya ruma client di daerah yang gak aku kenal, jadi ya kalo gak dianter suami ya ajak orang yang ngerti wakakkak. Yah walopun ada GPS yang kadang juga bisa membantu, cuman emang penting banget si buat hapalin jalan-jalan itu yang terberat si, mana aku tu orangnya susah banget nginget jalan, nentuin arah aja suka gak bener, yanasib  -__-"

Jadi ya menurutku yang jadi kendala aku sekarang tu ya 3 hal itu aja si, ruma yang jauh dari kota, gak selalu ada orang yang bisa jagain anak, sama gak hapal jalan XDD. Cuman ya disamping itu semua, aku masih tetep bersyukur, namanya rejeki kan gak akan kemana, pokoknya ya aku tekunin aja deh, yakin lah tar kedepannya akan berbuah manis, Aamiin.

mua samarinda

Untuk makeup sendiri aku lebih ke yang natural flawless gitu si, tapi kalo ada yang mau request glamour makeup bisa juga. Awalnya makeup ini aku emang otodidak si ya, gak ada ikutan kursus, beneran pure ngikutin tutorial di youtube doank XDD tapi pas mutusin pengen belajar makeup wedding juga, akhirnya aku kumpulin duit buat ikutan workshop-nya kak Arman untuk belajar makeup wedding. Cuman sampe sekarang ya belon ada kesempatan ada job wedding si XDD doain yaa moga aja kedepannya bisa dapet :DD


Intinya apa yang aku lakuin sekarang beneran hal yang aku senengin, bakalan makin seneng lagi kalo selalu diberi kelancaran dapet jobtiap bulan atau bahkan tiap minggu wakakakak aaminn aamiin. Selain pengen lebih dikenal jadi MUA Samarinda, aku juga pengen terus bisa exist blogging dan bahkan pengen punya channel youtube juga wkwkwkwk. Secara selama ini sharing tutorial cuma di IG, tapi tau sendiri kan video di IG mentok semenit doank. Jadi ya banyak gitu yang mulai nyuruh bikin channel biar tutorial-nya lebih jelas. Yah doain ya, bisa pinter ngedit video di laptop karena selama ini bisanya ngedit di Viva Video via hp doank wakakakak. 

Dan buat kalian yang domisili Samarinda gak sengaja terdampar di blog ini, hayuk bantuin promo ke temen-temen kalian yang lagi butuh jasa makeup datang keruma bisa hubungin aku, nanti bakal aku kasi kontak lengkapnya di bawah ya :D untuk yang mau tau portofolio-nya bisa cek di IG aku. 

Udah deh ya kayaknya random talk kali ini wakakakak maapkan kalo isinya curhatan gak jelas. Cuman ya semoga bisa jadi inspirasi lah ya buat kalian yang mau merintis jadi blogger ataupun MUA. Intinya selama ada niat dan kalian mau berusaha menekuni pasti nanti akan ada jalannya :) bwaahhahaha sok bijak amat gw ya XDD

So see you on my next post, thanks udah mampir dan baca postingan ini ya dear. Have a nice day peps! :***

Follow me on instagram @iykaliyka
Contact me iykaliyka@ymail.com // LINE: iykaliyka

You May Also Like

4 komentar

  1. Uda berani jadi MUA, kamu uda hebat banget .. Soalnya pastinya jadi MUA itu harus convidence dan bisa ngeyakinin org bahwa mereka bakalan jadi cantik ditangan kita :) Good job! Sukses terus ya widya :)

    My New Post http://justkarleena.blogspot.co.id/2017/04/review-wardah-matte-lipstick-summer.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa modal nekat dan bismillah wkwkwk.. Thankyou Karlina, sukses juga buat kamuu 😘😘

      Hapus
  2. bener disyukuri terus sambil itung-itung naikin skill yah! Hehe. BTW aku suka baca randomtalk isi curhat gini malahan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aakk thankyou Erni sudah mampir 😘😘😘

      Hapus

Hi..
Thankyou buat kalian yang sudah mampir ke blog ini, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Pasti bakal aku balas as soon as possible ;)