[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

54 komentar
Ahoyy..
Ketemu lagi, sapa yang suka bikin DIY-DIY-an?? Akuuuuu, aku suka banget cuman ya yang simple aja :D *orangnya mah gak demen ribet-ribet* selama bahan dan alatnya gampang di cari trus bikinnya juga gampang aku suka bikin DIY. Enaknya bikin DIY tu selain duit yang dikeluarin pastinya lebih dikit, kita juga bisa customize sendiri DIY sesuka hati kita, jadi kan lebih special gitu, ya gak? 

Sebelumnya kan aku pernah bikin DIY cushion, kali ini aku mau bikin DIY face mist yang bisa juga dipake buat jadi setting spray :D Sebelumnya aku jelasin dulu ya apa itu face mist beserta fungsinya. 

Baca:

[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

Jadi face mist itu adalah masuk ke bagian skincare, dia dikemas dalam botol spray yang berisi cairan kayak air gitu dan pemakaiannya cukup disemprotin aja ke wajah kita. Dan manfaat face mist ini banyak banget, selain untuk menyegarkan wajah, face mist juga bisa melembabkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, mencegah kulit kusam, mencegah pori-pori membesar & jerawat serta face mist juga berfungsi untuk mempersiapkan wajah kita sebelum ber-makeup, karena dia melembabkan wajah jadi dia membuat makeup lebih mudah menempel dan face mist ini juga berfungsi layaknya seperti setting spray, caranya semprotkan aja  ke seluruh wajah setelah kamu ber-makeup agar makeup lebih flawless, tidak mudah cracky dan tahan lama :D 

Face mist banyak juga di jual di pasaran, brand lokal juga udah banyak yang punya face mist, kayak Pixy, LT Pro, Mineral Botanica dll. Harga face mist juga beragam dari yang puluhan ribu sampe ratusan. Cuman kali ini aku mau ngajakin kalian buat bikin face mist sendiri dengan dengan modal yang murah dan gampang! Yuk kita mulai aja..

[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

Bahan-bahan yang harus kita siapkan termasuk gampang dicari dan murah, yaitu:

1. Botol Spray Kosong 
Botol Spray kosong kayak gini gampang kalian temuin di toko aksesoris macem Strawberry atau Naughty, harganya juga murah cuma 10ribuan ajah, ada yang 100ml atau 50ml, tinggal pilih aja mau yang mana :D ini buat tempat face mist kita nanti, sebelumnya dicuci dulu ya botol spray-nya cukup di rendem aja sama air hangat beberapa menit.

2. Aloe Vera Gel
Aku pake aloe vera gel dari Wardah, ini juga termasuk gampang dicari di counter Wardah, toko kosmetik ataupun supermarket. Harganya cuman 30ribuan aja, kalo kalian mau pake aloe vera gel dari brand lain juga bebas kok. Aloe vera gel ini fungsinya untuk melembabkan kulit, jadi cocok untuk campuran face mist kita.

3. Sari Mawar/Sari Jeruk/atau sari-sari lainnya
Aku biasanya pake punya Viva atau Mustika ratu, dua brand ini juga gampang kita temuin di supermarket harganya juga murah, mentok paling cuma belasan ribu untuk yang Mustika Ratu. Sari-sarian ini fungsinya buat fragnance aja si, tapi kalian juga harus pilih yang sesuai untuk jenis kulitmu. Karena kulitku ini tipe yang berminyak, jadi aku seringnya pake yang sari jeruk atau ketimun. Lebih bagus lagi kalo punya tea tree oil, karena bisa juga untuk mencegah jerawat. Cuman aku kagak punya :D jadi ya pakek ini aja.

4. Air Putih Mineral
Aku pake air putih mineral yang biasa buat kita minum sehari-hari. Ini buat campuran aja, jadi face mist kita nanti tu paling besar ya kandungannya dari air agar bisa melembabkan kulit kita :D

Bahan-bahan udah siap, sekarang kita mulai step by step-nya ya

1) Masukkan Aloe Vera Gel

[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

Pertama masukkan Aloe Vera Gel-nya dulu, biasanya untuk 100ml aku kasi 2-3pencet. Ini takarannya perkiraan aku aja si. Soalnya kulit mukaku kan berminyak jadi ya gak berani banyak-banyak. Buat yang kulitnya kering, boleh kalo aloe vera-nya mau dibanyakin.

2. Masukkan Sari Jeruk

[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

Trus kita masukin sari jeruknya 1/4 botol aja, jangan banyak-banyak ya karena kan cuma buat fragnance aja. Kalo kalian pake tea tree oil atau oil-oil lainnya kalian bisa masukkan beberapa tetes aja udah cukup kok.

3. Masukkan air

[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

Lalu sisanya masukkan air sampai botolnya penuh. Jadi kandungan face mist yang kita buat ini paling banyak dari air, jadi dijamin bakalan aman untuk semua jenis kulit dan sangat melembabkan :D

4. Kocok agar semua bahan menyatu

[DIY] Face Mist / Setting Spray Murah Meriah :D

Step terakhir kita kocok deh botol spray-nya, supaya semua bahan yang udah kita masukkan tadi menyatu. Face mist yang kita buat ini siap deh dipake :D karena kita gak pake bahan pengawet jadi face mist ini baiknya dipake maksimal 2minggu aja, setelah itu kita harus buat yang baru. Cuman untuk aku pribadi untuk ukuran botol 100ml paling 3-5harian udah abess :D

Aku seneng banget sama DIY face mist ini, soalnya cocok untuk yang sering kena AC. Kulit yang sering terkena AC pasti dehidrasi jadi butuh banget face mist, apalagi makenya cuman semprot-semprot udah. Wajah jadi fresh dan langsung lembab :D. Aku juga sering pake untuk mengawali pemakaian daily skincare-ku dan juga aku pake untuk setting spray setelah selesai ber-makeup. Hasilnya makeup jadi lebih tahan lama dan gak mudah pecah loh mbak sist jeng, beneran!

Sering-sering pake face mist ini juga bagus untuk kulit muka kita, lagi nonton tv semprot-semprot, lagi posting blog semprot-semprot, lagi jalan keluar juga jangan lupa dibawa face mistnya, biar wajah senantiasa lembab dan kenyal :D dan karena ini bikinan sendiri makenya juga gak usah irit-irit, karena kalo abis tinggal bikin lagi kan :D

Oke sekian DIY face mist kali ini, semoga nanti aku ada DIY lagi yang bisa aku share sama kalian ya. Semoga postingan yang aku buat ini bermanfaat buat kalian yang baca, thankyou sudah mampir dan jangan lupa tinggalin komennya yaa :D see you on my next post and have a nice day :***


Follow me on instagram @iykaliyka
Contact me iykaliyka@ymail.com // LINE: iykaliyka


54 komentar

  1. Kapan2 bikin ah, lumayan drpd beli biasanya mahal2 hahaha thx tips nya kak!

    kaniarda.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. diy nya benar" membantu ika ..
    jadi pengen buat juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy hayok bikin-bikin 😄😘

      Hapus
  3. Aku baru baca post kamu yang ini, Ikaa.
    Trus mau langsung aku contek ah. Hihihi
    Makasi Info DIY-nyaa^^

    http://gotchadiary.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contek Cha conteeekkkk, gampang iniihh 😄😄

      Hapus
  4. Iykaaa dan aku makin nyesel beli Evian, fungsinya sama aja kaya diy face mistmu, wkwk... Aku mau coba aah semua bahannya aku punyaa, tengkyu infonya yah :*

    putusuci.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puk puk, sabar Ci sabar.. Udah lu abisin dulu si Evian tar bikin beginian ajah, lebih murcee 😂😂

      Hapus
  5. Sist itu yg sari jeruk nipis dan lidah buayanya boleh dari yg jeruk nipis sma l.buaya asli gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bisa juga si, cuman mungkin cuma bisa bertahan kurang dari seminggu kali ya. Soalnya bahannya kan lebih alami, jadi masa expirednya juga lebih pendek.

      Hapus
  6. Haii kalo ini ditambah vegetable glycerin boleh? Atau sama aja khasiatnya kalo engga ditambah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Zahra..
      Boleh aja kok ditambah glycerin, cuman aku gak tau khasiatnya bisa nambah atau gak. Gini aja udah oke si facemistnya 😄

      Hapus
  7. Kak, kalau pakai wardah aloe vera gel nya aja dimuka (sebelum dibikin face mist) gitu bikin berminyak ga sih kalo di muka kakak sama perbedaannya kalo pas dijadiin face mist? Soalnya aku punya ini, tapi tiap aku pake ini dan kena panas dikit aja kuulit aku jadi gampang banget berminyak?
    Aku mau bikin mumpung wardahnya masih ada, tapi ya takut gitu, makanya aku nanya perbandingannya klo di muka kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Khonsa..
      Aku tetep pake sebgai pelembab sama pake face mistnya juga hahahaa di aku gak minyakan si, malah melembabkan banget. Soalnya aku sering ada di ruang AC, jadi selain tzone kondisi kulit aku tuh agak kering..

      Kalo kmu takut berminyak banget, kmu jadiin face mist aja aloe vera gelnya

      Hapus
  8. Aq udh nyoba tuh...tp koq wajah aq malah bnyk jrwtnya...sblumnya gk jrwtan sih
    Mohon info ny donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Christin..
      Coba d cek dulu dear, mgkin ada ingredients yg d kulit kmu gak cocok. Kalo di aku yg kulitnya oily acne prone aman aja pake ini. Sampe skrg pun aku masi bkin diy face mist ini 😊

      Hapus
    2. Haii kak,
      Kulitku skrg lagi jerawatan bnyk. Klo bikin diy mist dari teh hijau asli, kira2 hasilnya nanti gimana ya?

      Hapus
  9. Hai ka aku mau nanya, kalo tidak pakai aloe vera gimana? Jadi hanya campuran air mawar dan air jeruk nipis aja plus air mineral gitu kak. Bisa ga yah kira2? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Neneng..
      Bisa aja kok, aku tambahin aloe vera gel ini biar lebih melembabkan muka.

      Hapus
  10. Hai ka aku mau nanya, kalo tidak pakai aloe vera gimana? Jadi hanya campuran air mawar dan air jeruk nipis aja plus air mineral gitu kak. Bisa ga yah kira2? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Neneng..
      Bisa juga kok, fungsi aloe veranya disini untuk lebih melembabkan muka.

      Hapus
  11. Kak itu bisa buat make up tahan lama gak kak?? Terutama buat muka yang berminyak.. Kalo bisa berapa jam ya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Umi..
      Di aku si face mist ini sangat membantu untuk membuat makeup menyatu ke kulit. Dia bisa bikin makeup lebih awet. Kalo brpa jamnya aku gak gtu perhatiin dear hehe

      Hapus
  12. Mba low bikin face mist pke air mawar, penyegar oriflame kombinasi + air mineral bisa gk yak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Tuti...
      Bisa aja kok, dengan menyemprot air mineral secara rutin ke wajah juga bisa berfungsi untuk melembabkan kulit :) ingredient tambahan membuat hasil lebih maksimal aja

      Hapus
  13. Mba low bikin face mist pke air mawar, penyegar oriflame kombinasi + air mineral bisa gk yak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Tuti..
      Bisa donk, pokoknya sesuaikan dg kebutuhan kulit kamu yaa.

      Hapus
  14. Selesai baca blog kaka, aku langsung bikin loh. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaayyy..
      rutin ya pakenya biar mukanya lembab dan kenyal :D

      Hapus
  15. Kulit kakak itu kering tapi jerawat ya kak? ini work it banget ga si kak pas kita pake bedak trs kulit wjhnya terkelupas gt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Fifi..
      Mukaku sekarang lagi kombinasi acneprone, karna sering kena AC jadi face mist ini berfungsi banget buat ngembaliin kelembapan kulit. Worth it kok ini dipake kalo setelah makeup, karna akan bikin makeup lebih nyatu ke kulit dan gak cakey. Coba deh.

      Hapus
  16. Wah keren banget, aku langsung cus beli air mawar nih, thks infonya ya, sangat membantu.

    https://ursulametarosarini.blogspot.co.id/l

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ursula..
      seneng deh kalo postingan ini bermanfaat, jangan lupa dipake rutin ya facemistnya biar kulitnya lembab setiap hari ;)

      Hapus
  17. Kak kalau tanpa air mineral terus air mineralnya diganti air mawar gmn kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lenny..
      Kalo aku walopun udah pake air mawar tetep aku tambahin air mineral juga :)

      Hapus
  18. Aku udah lumayan lama pake diy ini dan bener² bikin lembab dikulit dan dikulit aku sih jadi rada glowing² gitu. Suka banget, murah tapi ga murahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Reniza..
      Sama, aku juga suka sama DIY facemist ini. Mau dipake tiap hari dan sesering apapun gak takut kantong jebol, karna bahannya murmer dan gampang dibuat. Yang ada kulit makin kenyal dan lembab, muat setting makeup juga oke loh..

      Hapus
  19. Hi kak.
    Aku mau nanya nih, bedanya pakai sari mawar atau sari jeruk tuh apa ya? Dan lebih cocoknya untuk kulit yg berminyak bgt itu apa ya ka? Thank u ka😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Martina,
      Kalo aku lebih suka pake yang sari jeruk atau sari ketimun, selain lebih seger wanginya juga lebih cocok untuk kulit berminyak. Silakan mencoba ;)

      Hapus
  20. Kk ini kan aku baca buat muka yg jerawatan,jd aku beli yg wrna pink untuk kulit normal mustika ratu ny trus aku campurin gel dr wrdah gpp kn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Zora..
      Gak papa kok, pokoknya sesuaikan aja sama kondisi kulit ya.

      Hapus
  21. Hai mba ika..thankyou for your diy face mist. Its an easy step 😊 keep posting yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ramos..
      thankyou sudah mampir, smoga bermanfaat ya postingannya :D

      Hapus
  22. Kak, kalo ga pake yg sari2 itu gapapah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa kok, sari-nya itu selain buat ngontrol minyak dan jerawat juga untuk fragnance-nya

      Hapus
  23. kaak bikin diy face mist lagi dong, aku lagi butuh buat muka oily hehe. makasih kak💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga bisa untuk oily skin kok dear, sari jeruknya bisa juga diganti sari ketimun

      Hapus
  24. KAK BOLEH GAK AIR MAWARNYA PAKEK PENYEGAR MAWAR SARIAYU

    BalasHapus
  25. Kalo aloe vera gel nya aku ganti pake Nature Republic tetep ajib gak ya ? Semua aloe gel bisa kan ? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Bella..
      Iya bisa pake aloe vera gel merk apa aja ;)

      Hapus
  26. Boleh disimpan dikulkas gak kak?

    BalasHapus
  27. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  28. gak nyesel deh blog walking kesini, infonya berguna bingiiiit jadi gak ragu mau bikin DIY Face Mist hehe main main ke blog aku ya saay ;)

    BalasHapus

Hi..
Thankyou buat kalian yang sudah mampir ke blog ini, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Pasti bakal aku balas as soon as possible ;)